Senin, 04 Januari 2010

FATWA TENTANG SYAIKH SAFAR DAN SALMAN

سلمان وسفر

عقيدتهم سليمة وهم من أهل السنة والجماعة

الشيخ عبد العزيز الراجحي

بتاريخ 12/8/ 1424هـ

السؤال:

يقول أحسن الله إليك ، هذا سائل يقول: هل يـجوز لي أن أسأل الشيخ الذي سأدرس عنده بعض الكتب عن بعض الأشخاص أصحاب المنهج المنـحرف لأعرف عقيدته؟

فأجاب فضيلة الشيخ عبد العزيز الراجحي حفظه الله :

نعم، إذا كان يُخشى أنه مبتدع ، إذا كان مخالف ؛ عنده مخالفات ، ويُخشى أنه مبتدع [غير واضح] اسأل عنه : هل هو مبتدع؟ حتى تجتنبه.

أما إذا كان معروف بالسلامة، وليس عنده مخالفات فلا داعي للسؤال.. نعم.

ثم سُئل حفظه الله:

وهل تعرفون شيئاً عن عقيدة الشيخ: سفر الحوالي، والشيخ: سلمان العودة؟

فأجاب وفقه الله :

نعم نعرف أن عقيدتهم سليمة ، من أهل السنة والجماعة .. نعم.

الشيخ عبد العزيز الراجحي

الدرس بتاريخ 12 شعبان 1424 هـ الأربعاء

المرجع:

http://www.islamgold.com/view.php?gid=2&rid=31

AS- SYAIKH DR. SAFAR DAN AS- SYAIKH SALMAN

AQIDAH MEREKA BENAR DAN TERGOLONG AHLUS SUNAH WAL JAMAAH

OLEH : AS-SYAIKH ABDUL 'AZIZ AR-ROJIHI –HAFIDZAHULLAH-

TANGGAL 12 SYA'BAN THN 1424 H

Redaksi pertanyaan:

Semoga Allah Ta'ala senantiasa melimpahkan kebaikan bagi anda. Ada sebuah pertanyaan, bolehkah bertanya kepada Syaikh tempat aku belajar beberapa kitab–kitab, tentang orang-orang yang memiliki manhaj menyimpang, agar aku mengetahui akidahnya?

Fadhilatus Syaikh Abdul Aziz al-Rajihi –hafidzahullah- menjawab:

Ya boleh, jika dikhawatirkan dia seorang ahlul bid'ah, jika dia seorang yang menyelisihi (ahlus sunah), memiliki penyimpangan–penyimpangan, dan dikhawatirkan dia adalah ahul bid'ah, ... (perkataan tidak jelas).., maka bertanyalah tentangnya : Apakah dia seorang ahlul bid'ah ?? Hal itu agar engkau dapat menghindarinya.

Adapun jika seseorang dikenal dengan kebenaran, dan tidak ada padanya penyimpangan-penyimpangan, maka tidak ada kepentingan untuk bertanya tentang hal itu.

Kemudian beliau ditanya lagi :

Apakah anda mengetahui sesuatu tentang aqidah Syaikh Safar al-Hawali dan Syaikh Salman al-Audah ??

Maka beliaupun menjawab :

Ya, kami mengetahui, bahwa aqidah mereka benar, dan mereka adalah ahlus sunah wal jama'ah.

Ta'lim tanggal 12 sya'ban 1424 H.

Untuk mendengarkan secara langsung fatwa tersebut silahkan klik :

http://www.islamgold.com/view.php?gid=2&rid=31

print halaman ini
Langganan Posting Via Email

Masukkan Alamat Email Anda :

Artikel Terkait



Comments :

8 komentar to “FATWA TENTANG SYAIKH SAFAR DAN SALMAN”

sangatlah tidak sopan bagi kita para penuntut ilmu yang baru melangkah dan meraba-raba untuk berkata dan berucap atas kehormatan para ulama besar yang telah banyak berbuat andil bagi umat islam dari buku-buku mereka yang telah menjadi rujukan diberbagai universitas islam, apalagi telah mendapat rekomondasi dari para ulama. sebaiknya mari kita kembali mengoreksi diri-diri kita sudah sebesar apakah ilmu yang telah kita miliki sehingga dengan lancang kita berkata yang menodai kehormatan para ulama! atau mata dan hati kita telah rabun, sehingga semut yang jauh kita bisa melihatnya dan gajah yang berada didepan mata kita, kita tidak melihatnya?
mari kita belajar dari sikap inshof para ulama kepada ulama yang lain sehingga dengan demikian kita telah memberikan hak-hak mereka dan mereka bisa menunaikan kewajiban mereka sehingga terjalin hubungan yang saling berantai tuk menyebarkan da'wah.

mukron mengatakan...
on 

Masyaallah, barakallahu fiekum. Semoga semakin jelas bagi mereka yang terbiasa melecehkan para ulam. Bahkan, ternyata nama ulama yang dilecehkan tersebut akan memberi ceramah umum di pusat dakwah salafiyah Madinah al-Munawarrah. alhamdulillah.

al-Bugisy mengatakan...
on 

di islamgold.com banyak sekali file2 tentang fatwa kibar semisal syeikh jibrin yang menjelaskan siapa sebnarnya syeikh safar dan syeik salman hafhidzahumallah.....cuma mereka2 mau dengar tidak ya.....

elmakassary mengatakan...
on 

Sekedar info, Syaikh Salman al Audah hafizhahullah belum lama ini telah mengunjungi markaz mediu di malaysia, lebih jelasnya kunjungi http://www.mediu.edu.my/ar/news-events/visit_shekh-elaoda.html

Cahaya Salaf mengatakan...
on 

syukran ats infonya dan bukti2 hujjahnya yg sgt ilmiyah. inilah jawaban telak bagi mereka yg memilih bertaqarrub kepada Allah dengan jalan bid'ah yaitu mencela kehormatan para ulama. Aib2 para pencela ulama akan tersingkap dg sendirinya. dan akan mempermalukan diri mereka sendiri. sehingga untuk menutupi rasa malunya mereka akan semakin menambal kesalahan dg kesalahan yg lain lagi. walyaudzubillah. jika kehormatan ulama dicela, yakinlah jika tdk segera bertaubat maka ia akan menjadi bumerang yg mempermalukan dan manjatuhkan diri sendiri. siapa yg membaca situs ini segeralah bertaubat untuk tidak termasuk pencela ulama....

abu abdirrahman abdillah al duriy al atsari mengatakan...
on 

Subahanallah, seandainya hanya karena beberapa kesalahan yg ada pada seoerang ulama kemudian mengeluarkannya dari lingkaran ahlusunnah wal jamaah tentulah tidak akan ada seorang ulama pun yang tidak akan dihapus dari jajaran ahlu sunnah, terlalu nekad bila seorang tulabul ilmi seperti kita harus mengeluarkan kritkan yg tidak ilmiah, makian bahkan kalimat-kalimat yg terkesan berbau preman. Smoga kita senantiasa diberikan kesungguhan u terus berilmu dan kebesaran hati u mengakui jasa-jasa para ulama sekalipun seandainya terdapat kesalahan, smoga Allah mengampuni kesalahan-kesalahan mereka, "jangan sampai kita merasa seperti harimau ganas padahal kenyataannya kita hanya kucing pemalu"

abi3h mengatakan...
on 

assalaamu'alaikum akhuna fillah jamii'an
semoga Allah merahmati orang-orang yang adil dan berakhlaq mulia,
para ulama ahlussunnah, waraatsatul anbiyaa' ajma'in...
dan mengkaruniakan pertolongan kpd kaum muslimin untuk bersatu.
musuh (yahudi dan nashara) sudah banyak memporakporandakan Islam wal Muslimin!!!
masihkah kita saling bertengkar diantara kita...???
semoga Allah memberikan kelembutan hidayahnya kpd akhuna yg berghirah Islam yang tinggi namun kurang teliti dan langsung frontal menghantam saudaranya sendiri yg sudah berusaha beriltizam kpd sunnah semampunya; yaitu akibat ketergesaan terhadap informasi yg sampai kpdnya dr satu pihak saja tanpa mengklarifikasi ke semua pihak lain yang terkait secara langsung.
semoga Allah merahmati para pejuang sunnah yang gigih menjadi amunisi-amunisi senjata Allah dalam menegakkan Izzatul Islam dan kaum muslimin yang tidak punya waktu untuk terprovokasi mengadakan kekacauan dalam tubuh umat Islam umumnya dan Ahlussunnah khususnya...
semoga Allah menolong hamba-hambaNya untuk menegakkan Agama-Nya di muka bumi ini...
semoga Allah menyatukan kaum muslimin di atas Panji Kalimat Tauhid...
semoga Allah menyatukan kaum muslimin di atas Bendera Sunnah...
segera setelah ini, InsyaAllah...
agar musuh2 Allah dongkol...
agar musuh2 Allah binasa dalam kekecewaan atas kekalahan yang tiada terperikan telaknya di akhir zaman kelak...
InsyaAllah,
Hasbunallahu wa ni'mal Wakiil,
Ni'mal Maulaa wa Ni'man Nashiir...
selamat berjuang terus dalam dakwah ilallah bagi kita semua...
pengaku pengikut Rasulullah Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam
wassalaamu'alaikum,
akhukum fillah,
abu umar al ardhii

abu umar al ardhi mengatakan...
on 

Assalamualaikum.
Ana usul agar Al Inshof juga menjelaskan bahaya pemikiran khawarij, agar umat ini betul-betul jauh dari sifat ekstrem, baik dari mentahdzir orang lain, maupun dalam mengkafirkan pemerintah. Semoga Al Inshof makin kokoh diatas jalan yang lurus.
Ohiya, ana mohon penjelasan tentang hukum nasyid, karena setahu ana nasyid itu termasuk bid'ah namun mengapa masih ada kelompok yang menisbatkan diri pada manhaj salaf menggunakan nasyid dalam dakwah mereka.

Uwais mengatakan...
on 

Posting Komentar

" Afwan, Kami hanya menampilkan komentar yang ilmiah dan kritikan yang membangun "

Next previous home